Skip to main content
BPJSKITA

follow us

Cara Mengganti Fasilitas Kesehatan JKN-KIS 2019

Puskesmas adalah rujukan pertama bagi peserta JKN-KIS yang hendak berobat, baik itu peserta mandiri (mendaftar sendiri) kategori kelas 3 maupun bagi peserta penerima bantuan pemerintah atau yang familiar di masyarakat yang punya kartu KIS.

Tapi sekarang pelayanan di Puskesmas gratis asalkan membawa kartu KK, Jadi tak berguna dong mempunyai kartu peserta BPJS kesehatan kelas 3 dan yang punya kartu KIS.

Sebenarnya masih bisa digunakan yaitu bagi peserta yang memerlukan pengobatan lanjutan atau misalnya harus dirawat di rumah sakit yaitu dengan membawa surat rujukan dari puskesmas. Kecuali disaat urgent surat rujukan bisa menyusul kemudian.

Kelebihan menjadi peserta BPJS kesehatan kategori kelas 1, 2, dan 3, bisa bebas menggonta-ganti Faskes1. Fasilitas kesehatan pertama (faskes 1) atau tempat rujukan pertama untuk berobat ketika peserta JKN KIS sakit.

Seumpama peserta JKN KIS kelas 3 faskes pertamanya puskesmas lalu ketika di sore hari merasa tidak enak badan dan ingin memeriksakan diri. Tentu tidak bisa menggunakan kartu peserta BPJS kesehatan, karena pelayanan puskesmas hanya sampai jam 1 siang.

Kecuali pergi ke dokter praktek yang biasa buka mulai sore hingga malam hari, Tapi tentunya tidak bisa juga menggunakan kartu BPJS karena faskes 1 nya ke puskesmas. Jadi sia-sia bayar premi rutin tiap bulan kalau tidak bisa di manfaatkan ketika sedang dibutuhkan.

Nah, faskes 1 yang saya jelaskan diatas ini bisa di ubah yang sebelumnya puskesmas bisa diganti ke dokter umum/praktek atau klinik ataupun mengganti sebaliknya. Asalkan fasilitas kesehatan yang dituju sudah bekerja sama dengan BPJS kesehatan.

Untuk mengganti Faskes 1 bisa dilakukan dengan dua cara, Pertama denga mendatangi kantor BPJS kesehatan sesuai domisili peserta. Atau jika tidak mau ribet dan tak perlu mengantri bisa dengan cara online yaitu melalui aplikasi handphone.

Pada tahun 2017 saya sudah memposting Cara ganti faskes 1 namun ada beberapa perubahan, seperti kode verifikasi dikirim ke alamat email bukan lagi ke nomor handphone.

* Update terbaru melalui aplikasi mobile JKN selain dapat merubah fasilitas kesehatan juga dapat memilih faskes dokter gigi.

Untuk cara terbaru mengganti Faskes 1 BPJS kesehatan melalui handphone, Silahkan di simak tahapan-tahapannya dibawah ini.

Daftarkan kepesertaan JKN-KIS / BPJS kesehatan keluarga anda pada aplikasi Mobile JKN, atau pilih MASUK jika sudah mempunyai akun mobile JKN.

  • Login / masuk ke akun mobile JKN dengan memasukkan salah satu pilihan seperti No Kartu peserta/ Email/Username.
  • Baris kedua isi dengan kata sandi (Password) yang anda buat ketika mendaftar mobile JKN.
  • Baris ketiga isi dengan kode Captcha seperti yang tertera di sebelahnya.
  • Lalu klik > LOGIN

* Apabila lupa password silahkan klik lupa password masukkan alamat email yang terdaftar untuk me-reset ulang password.

Setelah masuk ke akun mobile JKN, lalu pada menu Peserta masuk ke fitur > Ubah Data Peserta

Pada halaman ubah data peserta gulir kebawah lalu klik > Faskes 1, Perubahan fasilitas kesehatan pertama bisa untuk keseluruhan peserta dalam satu KK dengan cara centang pada perubahan satu keluarga. Atau hanya mengubah sebagian peserta saja, tapi caranya satu persatu diubahnya.

Untuk faskes yang di pilih bisa memilih faskes berbeda dari setiap peserta, misalnya bapak dan ibunya faskesnya dokter A kemudian anak-anaknya ke dokter B.

Selanjutnya untuk Provinsi Kota/kabupaten silahkan disesuaikan dengan domisili peserta. Kemudian pilih Fasilitas kesehatan yang anda inginkan, ketikan nama faskes untuk memudahkan pencarian atau temukan pada list yang tertera.

Namun sebelumnya aktifkan pengaturan Akses Lokasi dan GPS pada handphone dengan mode lokasi Akurasi tinggi untuk dapat menemukan lokasi Faskes 1.

Tidak seperti mengubah faskes ditahun 2017 lalu, Karena ditahun 2019 ini pilihan fasilitas kesehatan lebih banyak dan untuk peserta kelas 3 bisa memilih faskes yang sebelumnya hanya untuk peserta kelas 1 dan 2.

Selanjutnya setelah menemukan Faskes dan memilihnya lalu klik > Simpan

Silahkan buka inbox email anda untuk mengambil kode verifikasi perubahan data, kemudian masukkan 5 digit kode verifikasi pada baris yang disediakan Lalu klik > Verifikasi

Apabila perubahan faskes berhasil dengan notifikasi "Data Berhasil Diubah" selanjutnya faskes pertama yang baru di pilih baru bisa digunakan mulai awal bulan berikutnya.

Perubahan faskes dapat dilakukan minimal 3 bulan sekali, dan untuk peserta yang menunggak iuran tidak bisa mengganti faskes.

Selanjutnya untuk mencetak kartu peserta BPJS Kesehatan dengan nama faskes yang telah diubah bisa di lakukan melalui aplikasi ini juga, caranya pada menu peserta klik > Kartu Peserta lalu kirim kartu E-ID ke alamat email anda. kemudian ambil filenya di email untuk di cetak.

Namun kartu peserta yang sebelum diubah faskesnya masih bisa digunakan untuk berobat ke faskes yang baru karena data sebenarnya bisa dilihat lewat komputer di faskes yang baru, asalkan ubah data peserta sudah aktif.

UPDATE

Perubahan fasilitas kesehatan pertama (faskes 1) bisa bebas memilih lokasi, seperti yang sudah diketahuai pendaftaran peserta JKN-KIS berdasarkan domisili masing-masing pedaftar atau berdasarkan data kependudukan peserta.

Namun untuk perubahan faskes yang di pilih bisa memilih tempat lain, misalnya peserta terdaftar di daerah A namun akan memilih faskes di daerah B yang beda kabupaten dan beda provinsi. perubahan faskes yang di tunjuk tersebut bisa dilakukan melaui aplikasi Mobile JKN.

Tutorial Cara Pindah Faskes BPJS kesehatan via aplikasi mobile bisa anda tonton videonya di bawah ini.

Atau melalui kanal youtube dengan menuju tautan ini https://youtu.be/fVHD-GphCWA

You Might Also Like:

Newest PostNewest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar